Sekilas Perihal Digital Marketing Strategy?

Pemerintahan Indonesia sekarang jor-joran untuk menjadikan Instasinya hadir di dunia Online. Karena ada banyak keuntungan yang dapat diraih dengan mendirikan sistem pemerintah berbasis Digital Online. Salah satunya yaitu transparansi, kemudahan mengakses data, sistem birokrasi menjadi lebih efisien dan rakyat juga semakin mudah melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia melalui internet yang dapat diakses via internet dengan perangkat smart phone dan komputer. Jadi itulah pentingnya untuk mengubah tata cara kerja kita menjadi Digital. Sekarang mari kita ke inti topik ini.

Marketing artinya tindakan yang mem-promosikan barang atau jasa yang menggunakan cara-cara yang terstruktur, timing yang tepat, tepat sasaran dan ranah yang tepat.

Sama seperti Marketing yang konvensional, tetapi Digital Marketing memiliki perbedaan yang kecil tetapi signifikan. Digital Marketing strategy adalah strategy yang menggunakan chanel-chanel online (berbayar, gratis atau kedua-duanya) untuk melakukan rangkaian aktivitas yang berupaya untuk meningkatkan traffic, conversion and engagement.

Channel-channel ini bisa websitenya sendiri, email atau channel ber-bayar (seperti iklan di sosial media/ berita kabar online, Google ads, endorse selebrity online) atau channel yang gratis seperti posting konten di sosial media. Semua aktivitas-aktivitas yang tersebar luas di beragam-ragam channel tersebut harus memiliki dasar, tujuan (visi dan misi) seputar lini bisnis Anda.

Apakah Digital Marketing Strategy itu Relevan?

Berikut sedikit fakta-fakta atau statistic perihal internet dan sosial media

Sekian sedikit fakta-fakta menarik perhal Internet dan sosial media. Ini adalah potensi sangat besar dan butuh strategy-strategy yang jitu untuk bisa memanfaatkan internet demi eksistensi dan meningkatknya omset perusahaan Anda.

Contoh-contoh Digital Marketing Strategy

  • SEO
  • Sosial Media Marketing
  • Web Design yang Mobile Friendly
  • Content Marketing
  • Blogging
  • Email Marketing
  • Influencer Marketing
  • Pay Per Click advertising
  • Voice Search Marketing

SEO (Search Engine Optimization)

Sederhananya bahwa SEO adalah aktivitas yang bertujuan untuk menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari dengan menggunakan keyword-keyword yang banyak dipakai. Dengan beradanya posisi website Anda di page ranking ter-atas (di halaman pertama) maka traffic akan ikut meningkat dan bangkitnya brand awareness dan paling penting terjadinya Conversion (pengunjung berubah menjadi pelanggan).

Sebenarnya SEO itu ada 2 macam yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

On-Page SEO adalah melakukan optimasisasi website Anda untuk meningkatkan page rank dan traffic di search engine.

Off-Page SEO adalah melakukan optimasasi SEO diluar laman website Anda yang bertujuan untuk meningkatkan traffic ke website Anda. Banyak orang sebut ini sebagai membangun backlink atau building backlinks. Aktivitas ini juga sangat mempengaruhi page rank Anda di search engine.

Salah satu Off-Page SEO yang sangat krusial juga adalah Local SEO. Bila anda memiliki sebuah toko, maka anda wajib melakukan Local SEO sehingga nama toko anda muncul di search. Seperti contoh ketika pelanggan menulis nama makanan yang Dia inginkan, maka Anda ingin nama restaurant anda muncul di search bagian Peta seperti contoh di bawah ini. Dengan begitu sangat memungkinan toko anda menjadi semakin rame dikunjungi atau mendapat banyak order via telpon.

contoh local SEO. Search nama makanan dan muncul daftar restoran terdekat yang menual makanan yang dicari.

Sosial Media Marketing

Sosial Media Marketing adalah salah satu bentuk Off-Page SEO yang wajib dilakukan. Sosial Media bagus untuk ber-interaksi (Engaging) dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda untuk memasarkan berita, jasa atau barang. Pastikan Anda masukan link website Anda ke setiap postingan di akun bisnis Sosial Media Anda dengan isi postingan yang menarik demi meningkatkan traffic ke website Anda.

Web Design

Perlu diketahui bahwa Website adalah asset terpenting Anda! Karena disitulah jantung perusahaan Anda. Disitulah wajah perusahaan Anda. Disitulah reputasi perusahaan Anda.

Karena ini adalah hal terpenting maka Anda harus desain website Anda yang enak dipandang untuk pengunjung, SEO friendly dan Mobile Friendly. Oleh karena itu pastikan web desainer Anda tak hanya pintar desain dan Coding, tapi pintar juga coding website yang SEO Friendly supaya search Engine dapat crawling website Anda dengan sempurna dan Mobile Friendly supaya pelanggan/calon Anda betah menggunakan website Anda.

Sekarang mayoritas pengguna internet, mengakses internet menggunakan smart phone. Oleh sebab itu website Anda harus mobile friendly. Ditambah lagi bahwa sekarang sekarang Google mengutamakan website yang mobile friendly. Dengan website yang mobile friendly maka sangat memungkinkan website Anda berada diposisi teratas di Search Engine Google. Oleh karena itu pastikan website anda mobile friendly.

Anda juga perlu melakukan AB Testing supaya lebih efektif meningkatkan conversion.

Content Marketing

“Content marketing is a strategic marketing approach focused on creating and distributing valuable, relevant, and consistent content to attract and retain a clearly defined audience.”

Content Marketing Institute

Content marketing adalah strategi pembuatan konten yang relevan, berkualitas dan memiliki konten yang konsisten demi menarik para pelanggan dan menjaga hubungan relasi ke para pelanggan yang sudah disasarkan dengan jelas.

Menentukan sasaran pelanggan dengan jelas disebut sebagai Buyer Persona. Selain itu, tak kalah penting juga adalah memahami motivasi dan goal kenapa Anda posting konten ini?

Dengan sasaran pelanggan yang jelas dan motivasi dan goal artikel yang jelas maka yang diharapkan selanjutnya adalah terjadinya sebuah Conversion atau minimal mendapatkan banyak leads (calon pelanggan atau pengunjung atau traffic).

Content Marketing bisa dalam bentuk seperti berikut:

  • Video (Vlog)
  • Artikel atau kasus studi yang panjang dan menarik. (Blog)
  • Gambar
  • Infographics
  • Ebook
  • Webiners
  • Podcast

Blogging

Pada awalnya blogging adalah sarana online untuk mencatat diary-diary personal. Berasal dari kata Web-Log dan sekarang menjadi Blog.

Blogging dapat dipake untuk menambahkan konten-konten baru ke website Anda. Search engine sangat menyukai website yang memiliki konten-konten baru dan menarik maka sangat dianjurkan Anda untuk aktif nge-blog.

Perlu diketahui juga bahwa Blog itu beda dengan News atau kabar berita. Kabar berita itu lebih formal sedangkan blogging itu lebih ke informal. Blogging cocok untuk posting artikel-artikel perihal how-to, ide-ide atau informasi-informasi relevan ke bisnis Anda yang menambah wawasan ke para pengunjung dan pelangan Anda. Perbedaan terpenting juga Blog memiliki unsur menjual dengan rangkaian informasi yang menarik dan professional. Sedangan news atau berita lebih cocok untuk kabar berita yang berhubungan dengan perusahaan seperti contoh pembukaan toko baru, pembukaan lowongan pekerjaan, ganti logo baru dll.

Blogging juga bisa dijadikan alat ampuh untuk melakukan engaging pelanggan di kolum komentar. Dengan begitu Anda dapat tukar pendapat dan memahami kebutuhan dan aspirasi Pelanggan lebih baik.

Blogging akan semakin ampuh bila digabungkan dengan Content Marketing.

Email Marketing

Email marketing sangat ampuh untuk mengkomunikasikan jasa Anda ke calon-calon pelanggan atau pengunjung yang setia dan siap mendengarkan penawaran-penawaran atau informasi-informasi dari Anda.

Pastikan sebelum melakukan Email marketing bahwa konten email tersebut sudah di read proofing. Karena sangat tidak profesional untuk mengirimkan email berkali-kali karena adanya salah penulisan atau gambar.

Influencer Marketing

Zaman sekarang, menjadi artis itu tidak perlu exist di layar TV. Orang bisa menjad artis lewat akun Sosial Media.

Berkerja sama dengan Influencer adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan konversi dan traffic ke website Anda. Pastikan Anda memilih influencer yang memiliki follower organic (bukan akun palsu). Anda tentunya ingin orang asli (manusia) yang menjadi pelanggan Anda dan membawa traffic ke halaman website Anda.

Pay SEO (SEO ber-bayar, Iklan Berbayar)

Organic SEO dan Pay SEO sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berbarengan dengan Organic SEO. Kedua-duanya sangat dianjurkan untuk diimplementasikan ke Digital Marketing Strategy Anda. Pay SEO sangat dapat digunakan untuk mendongkrak traffic ke website Anda. Pay SEO akan menjadi optimal bila anda menggunakan kata kunci yang banyak dipake oleh pengguna search engine.

Ada berbagai macam jenis Pay SEO. Jenis Pay SEO yang banyak dilakukan adalaj PPC (Pay Per Click). PPC adalah metode Pay SEO yang yang wajib dibayar setiap Pelanggan klik iklan berbayar Anda.

Berikut Jasa Iklan PPC

  • Google Ads
  • Facebook ikan berbayar
  • Twitter Ads Campagin
  • LinkedIn

Voice Search Marketing

Voice Search adalah teknologi pengenalan suara yang memungkinkan orang melakukan pencarian dengan berbicara ke dalam perangkat. Perangkat ini berkisar dari samart phone dan komputer hingga perangkat asisten rumah seperti smart speaker, smart mesin muci, smart kulkas. Permintaan pencarian suara Google telah meningkat secara eksponensial selama bertahun-tahun, jadi penting untuk memahami perkembangan ini dan memasukkannya ke dalam Digital Marketing Strategy Anda.

Cara Memulai Digital Marketing Strategy

Identifikasi Sasaran Pelanggan(Buyer Persona)

Anda perlu mengetahui siapakah Anda ingin memasarkan jasa atau barang anda. Ini harus difokuskan sebelum anda melanjutkan Digital Marketing Strategy Anda. Digital Marketing Strategy yang terbaik memiliki buyer persona (pelanggan yang disasar) secara detil dan tepat.

Buyer persona me-representasikan pelanggan anda yang ideal itu seperti apa. Ini bisa dilakukan dengan riset, survey dan interview. Jangan pernah ber-asumsi sasaran pelanggan anda seperti apa supaya menghasilkan conversion yang optimal.

Anda juga harus pandai segmentasikan para pelanggan anda kebeberapa kategori/ segmen supaya Anda paham strategy apa yang wajib digunakan untuk masing-masing segment.

Contoh-contoh Buyer Persona

  • Mengetahui biodata klien
  • Mengetahui kebutuhan pelanggan
  • Mengenali tujuan/motivasi pelanggan.

Dengan informasi-informasi Buyer Persona yang detil dan lengkap anda bisa menciptakan taylor made Digital Marketing Strategy yang mengarah ke ketertarikan (interest, wants, kemauan) dan kebutuhan (needs) para calon pelanggan dengan lebih tepat dan menghasilkan conversion lebih banyak.

artikel menarik perhal Buyer Persona.

Identifikasi Channel Digital Marketing Strategy

Berangkat dari Buyer Persona, Anda akan gampang memilih channel apa saja yang cocok untuk melakukan Digital Marketing Strategy Anda. Bilamana mayoritas calon pelanggan dan pelanggan Anda adalah pengguna Instagram dan Youtube, maka fokuskan segala sumber daya manusia Anda dan keuangan untuk membiayai ad-campaign di channel-channel tersebut.

Identifikasi Tujuan Anda

Sebelum anda posting content ke channel website anda atau sosial media, pastikan anda mengetahui goal Anda!

Contoh Goal anda

  • Menghasilkan pengunjung atau calon pelanggan 70% dari website anda.
  • Meningkatkan revenue sebesar 30%
  • Meningkatkan 50% pelanggan yang dibawah umur 30 tahun
  • Meningkatkan 300% penjualan di Bekasi

Identifikasi Peralatan Digital Marketing

Ada ratusan Digital Marketing tools yang sangat bermanfaat untuk Digital Marketing Strategy anda. Ada peralatan-peralatan yang gratis dan tentu ada yang berbayar.

Minimal anda harus punya peralatan yang memiliki fungsi-fungsi seperti berikut

  1. Analisa Kompetitor
  2. Keyword Research
  3. Backlink research
  4. Content Research
  5. Rank Tracking
  6. Web Monitoring
  7. Pasang Iklan di Search Engine (Paling penting)

Berikut Peralatan Digital Marketing Gratis yang Kami rekomendasikan.

Berikut Peralatan Digital Marketing Berbayar

Identifkasi Alat Ukur/ Indikator Digital Marketing

Anda wajib mengetahui seberapa efektif kah tindakan-tindakan Digital Marketing Strategy Anda? Contohnya Anda harus dapat mengetahui seberapa pengunjung ke website atau landing page Anda. Anda dapat menggunakan alat Indikator-indikator gratis yang tersedia di Google Analytic untuk mengetahui perkembangan traffic, bounce rate dll.

Tetapkan Anggaran Anda

Jika Anda ingin memasang iklan di Google, Facebook, Twitter pastikan anda mengetahui Anggaran anda. Dengan begitu anda bisa menyesuaikan iklan-iklan tersebut ke Anggaran Anda. Misalkan anggaran anda sebesar 5 Juta Rupiah sebulan, maka anda bisa membagikan anggaran Anda ke Channel-Channel tersebut sesuai kebutuhan rencana strategy Anda.

Evaluasi atau Audit Digital Channel-Channel Anda

Tentunya anda harus memiliki Goal sebelum anda bisa melakukan evaluasi. Bila anda sudah memiliki Goal, maka anda wajib melakukan evaluasi Digital Channel anda.

Pentingnya Anda untuk melakukan evaluasi pelanggan yang Anda sasar dan aktivitas Digital Marketing Strategy Anda secara keseluruhan atau parsial dan berkala.

Bila customer anda tidak responsive kepada setiap email yang Anda kirim, maka ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan seperti follow up atau hapus email dari mailing list Anda atau melakukan segmentasi mailing list Anda ke berbagai macam segment. Janganlah Anda ragu untuk menghapus email yang sudah tidak aktif supaya Anda bisa fokus engage ke pelanggan yang aktif.

Misalkan Anda mengshare blog Anda. Biasanya ada tombol Like tetapi yang Like konten Anda bukanlah orang yang sesuai profil Buyer Persona yang Anda sasarkan. Maka Anda harus evaluasi isi content, kata kuncinya, channelnya dan buyer persona anda kembali.

Cari tau Digital Presence Anda. Untuk meningkatkan Digital Presence. Peralatan yang cocok untuk evaluasi Digital Presence webite anda adalah dengan menggunakan Google Analytics. Alat ini membantu Anda mengetahui channel-channel (sosial media, forum atau website lainnya) apa saja yang membawa traffic paling banyak atau sedikit. Bila anda memili goal untuk meningkatkan traffic dari Facebook dan hasilnya tidak sesuai ekpektasi Anda, maka ada suatu tindakan perbaikan yang wajib Anda lakukan.

Penutup

Sekian kilasan perihal Digital Marketing yang dapat anda gunakan di Digital Marketing Strategy anda. Terima kasih telah membaca dan saya harap anda bisa share dan beri masukan. Sampai jumpa kembali di artikel-artikel selanjutnya.

2 Replies to “Sekilas Perihal Digital Marketing Strategy?”

    1. Harus banyak melakukan upaya-upaya digital marketing diluar website supaya lebih efektif, dalam kata lain off-page. Semakin bermanfaat jasa, produk, informasi yang tersebar luaskan di sosial media atau website-website lain maka SERP ikut terdongkrak juga.

      Dalam content marketing, bilamana isi kontennya punya link refer (outbound link) ke website-website besar yang punya Domain authority atau influencer-influencer yang relevan ke subjeknya dapat mendongkrak SERP nya juga. Ibaratnya seperti buku kalo ada rererensi/citation, artinya semakin pembuat konten itu paham dan telah melakukan riset yang baik; Dan konsep Google search engine seperti itu.

Comments are closed.