Seberapa Pentingkah Website Traffic?

Bilamana Anda adalah pemilik toko jual baju anak-anak. Apakah Anda ingin memasangkan toko Anda di mall yang sepi pengunjung?

Bilamana Anda adalah pemilik restoran ayam goreng krispi. Apakah Anda ingin memasang restoran Anda di pinggi jalan yang sepi mobil dan motor berlalu lalang?

Bila jawaban Anda adalah TIDAK MAU, maka jawabannya adalah SANGAT PENTING untuk berbisnis di tempat penuh dengan keramaian. Perlu di ketahui bahwa untuk menciptakan SALES (penjualan) di butuhkan sebuah TRAFFIC.

Traffic dan sales memiliki relationship yang tegak lurus. Semakin banyak traffic maka sales ikut meningkat. Oleh karena itu traffic ke situs atau sosial media juga adalah faktor yang sangat penting untuk prospek masa depan bisnis Anda.

Apa yang Menyebabkan Kurangnya Traffic?

Di tahap manakah Anda menentukan lokasi yang tepat memulai Bisnis, mendeskripsikan para calon pelanggan?

Jawaban simpelnya: Tahap Perecanaan / Planning

Di tahap planning lah Anda melakukan hal-hal seperti poin-poin berikut

  • Menciptakan VISI dan MISI.
  • Market Research. Mencari kebutuhan pelanggan dan menciptakan sebuah kebutuhan untuk jasa dan produk Anda.
  • Strategi Marketing.
  • Menyiapkan modal untuk marketing.

Tapi Saya Adalah Sebuah Startup?

Startup tidak bisa dijadikan alasan mengapa kurangnya traffic ke situs atau bisnis Anda. Justru sebagai Startup Anda memiliki keuntungan sebagai perusahaan yang cepat beradaptasi dan bergerak. Bilamana Anda adalah sebuah startup, Anda harus lihai dalam menjalin kerja sama, persahabatan dengan para pelaku usaha, influencers dan komunitas-komunitas yang relevant dengan Bisnis Anda. Perhubungan ini dapat meningkatkan jumlahnya pengunjung. Di definisi SEO, aktivitas ini disebutkan sebagai Off-Page SEO. Hal inilah yang menyebabkan word of mouth terjadi bilamana penyampaian pesan-pesan Anda dan kualitas jasa/produk Anda diterima baik oleh Pelanggan.

Akan tetapi usaha-usaha diatas akan sia-sia bilamana Anda kurang melakukan On-Page SEO. On-Page SEO adalah aktivitas-aktivitas SEO di laman-laman situs Anda. Bilamana minimnya on-page SEO, maka situs Anda tidak akan muncul di SERP (Search Engine Result Page) teratas saat calon pembeli mencari jasa atau produk Anda di search engine contoh Google.

Kembali ke Tahap Perencanaan / Planning

Sekarang mari kita kembali ke inti masalah kurangnya Traffic (pengunjung) yaitu kurang baiknya Perencanaan.

ViSi MiSi

Pertama Anda harus evaluasi visi dan misi Anda. Apakah visi dan misi Anda sudah jelas? Bila sudah Jelas, sekarang pertanyaannya apakah tindakan-tindakan Anda selaras dengan visi dan misi Anda? Visi dan Misi ibarat jangkar kapal laut supaya tidak bergerak walaupun diterjang ombak.

Contoh Tokopedia

Visi Tokopedia

  1. Membangun Indonesia yang lebih baik lewat Internet

Misi Tokopedia

  1. Menggunakan teknologi dari web dan internet secara tepat.

Di atas adalah salah satu visi dan misi Tokopedia yang menjelaskan dimanakah mereka ingin menguasai bisnisnya? Jawabannya Internet. Oleh karena itu semua upaya-upaya mereka adalah memaksimalkan aktivitas-aktivitasnya yang relevan dengan Internet secara maksimal. Bilamana Anda tidak bisa memposisikan atau menempatkan bisnis Anda maka sia-sialah usaha Anda entah itu rekruting, marketing, warehousing etc. Berikut Video tokopedia

cerita tokopedia yang ada hubungannya dengan visi dan misinya

Market Research

Sebelum Anda membuat sebuah strategi marketing, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah melakukan Market Research dengan baik. Market research ibarat seperti sensor penglihatan yang membantu manusia melihat rintangan-rintangan di depannya. Bila rintangan sudah terdeteksi maka akan dilakukan sebuah strategi supaya bisa mengatasi rintangan tersebut.

Inti dari market research adalah mencari tau pasar Anda. Kita semua tau bahwa isinya pasar adalah penjual dan pembeli berinteraksi dan melakukan jual beli. Pembeli disebut sebagai pelanggan / calon pelanggan (leads). Penjual disebut sebagai kompetitor.

Jadi hasil market research seperti berikut

  • Mendefinisikan calon pembeli dengan detil
  • Melakukan survey qualitatif dan quantitatif
  • Mengetahui kompetitor-kompetitor sedetil-detilnya mungkin

Ada banyak jalan menuju Roma. Tapi tidak ada jalan yang lurus menuju Roma.

Gaudiva.com

Ditambah lagi market itu sifatnya dinamis. Ada banyak jalan menuju Roma. Tapi tidak ada jalan yang lurus menuju Roma. Oleh sebab itu diperlukannya menyelenggarakan atau evaluasi market research Anda supaya perusahaan Anda dapat menyesuaikan strateginya dengan tepat di kondisi-kondisi pasar yang dinamis.

Market Research yang Anda lakukan harus berdasarkan sebuah data bukan sebuah asumsi. Data-data ini bisa Anda dapatkan dari sebuah lembaga nasional atau internasional, univeersitas; Atau Anda bisa dapatkan dari tim internal yang telah melakukan survey ke distributor, retail dan konsumer langsung.

Mungkin Anda bertanya apakah hubungannya Market Research dengan Traffic Website.

Hubungannya adalah dengan sudut pandang. Market research memberikan Anda sudut pandang dan membantu Anda memberikan masukan channel-channel mana yang layak diperhatikan. Sekali lagi perlu diIngatkan kembali bahwa Market Research itu ibaratnya seperti sensor indera mata Anda yang membantu Anda untuk melihat jalan dan rintangan. Di terakhir Market research perlu di lakukan secara rutin tiap tahunnya supaya dikarenakan kondisi market yang dinamis.

Strategi Marketing

Setelah Anda sadar / aware akan market yang akan Anda masuk, maka sekaranglah saatnya menyiapkan Strategi Marketing yang cocok / sesuai dengan market Anda.

Bila Anda melakukan bisnis Online, maka alangkah bijaknya untuk menerapkan strategi-strategi digital marketing seperti

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • iklan berbayar (Pay Per Click marketing)
  • digital content marketing (Blogging atau Menulis Artikel)
  • email marketing
  • sosial media marketing
  • memiliki website
  • produksi konten video untuk youtube atau sosial media Anda
  • CTA (Call To Action) strategy
  • Building Backlink strategy

Tentunya Bisnis tidak semudah buka lapak dan selesai. Butuh kerja lebih keras supaya bisa mendapat hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Hasil tidak akan sesuai dengan ekpektasi bila tidak memiliki strategi. Dengan melakukan strategi marketing maka Anda akan mendapatkan sebuah data yang berharga untuk Anda olah demi memperbaiki performa digital marketing strategi Anda.

Bila Anda tidak bereksperimen dengan digital marketing strategi Anda maka Anda akan susah mencari tau demografi dan background dari para pengunjung situs atau sosial media Anda.

Bila Anda sudah memiliki data perihal pengunjung situs atau sosial media Anda maka Anda akan lebih mudah untuk memoles digital marketing strategi Anda.

Contoh… Anda menggunakan digital content marketing strategy di situs Anda…. Anda dapat menggunakan Google Analytic tool untuk mengetahui demografi traffic ke situs Anda. Dengan menggunakan Google Analytic Anda dapat mengetahui umur, jenis kelamin dan asal negara trafficnya. Dari landasan itu Anda mungkin bisa mengembangkan backlink dengan cara menjadi teman / sahabat / follower akun-akun para influencer sosial media yang memiliki pengikut-pengikut di umur, asal negara yang sesuai dengan demografi trafficnya situs Anda. Dengan mengetahui latar belakang traffic Anda, maka Anda dapat membuat konten-konten yang relevan dengan latar belakang traffic Anda dan harapannya traffic akan ikut meningkat.

Modal Marketing

Modal marketing bisa berupa dalam bentuk

  1. Skill / Ilmu pengetahuan digital marketing strategy.
  2. Uang untuk pasang iklan di google dan sosial media.

Minimal Anda harus punya salah satu di atas. Idealnya Anda memiliki kedua-duanya supaya dapat meningkatkan traffic ke situs, lapak dan sosial media Anda.

Penutup

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Anda perlu evaluasi rencana Anda secara rutin. Perbaiki, perbaharui atau ganti metode marketing Anda. Janganlah takut untuk bereksprimen karena data berasal dari hasil eksperimen sangat penting untuk membuat strategi yang baru atau meningkatkan strategi yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *