Mengapa dan Kapan Melakukan SEO Optimisasi?

SEO adalah kumpulan teknik-teknik optimisasi situs Anda supaya dapat nampak di halaman pertama saat pengguna search engine melakukan pencarian. Biasanya para pengguna search engine menggunakan rangkaian kata-kata (keywords) untuk mencari sesuatu yang dicarinya. Bilamana salah satu halaman situs Anda mengandung sebuah atau rangkaian keyword, maka akan muncul di page pertama. Untuk muncul di halaman pertama, SEO lah yang dibutuhkan Anda. Bilamana Anda berada di halaman pertama, hal itu akan meningkatkan traffic (pengunjung) ke situs Anda terutama halamannya yang dicari oleh pengguna. Bilamana SEO tidak Anda perhatikan, maka akan sulit untuk mendapatkan sebuah traffic (pengunjung).

Kapankah Saya Harus Melakukan SEO?

Tidak ada kata terlambat Anda harus melakukan SEO. Anda harus melakukannya sesegera mungkin dan perlu direncanakan yang matang-matang. Dibawah adalah 2 langkah-langkah SEO mudah yang dapat Anda mulai. Langkah-langkah dibawah cocok untuk bagi pemilik situs yang sudah memiliki content-content minimal 6 bulan.

On-Page SEO Audit

1. Anda bisa memulai SEO dengan melakukan SEO Audit. Dengan melakukan SEO Audit, Anda akan tau kelemahan-kelemahan situs Anda yang menyebabkan Anda tidak muncul di SERP (Search Engine Result Page) halaman pertama. Berikut beberapa informasi yang dapat Anda bisa tau apakah ada error di link-link (tautan-tautan) situs Anda, apakah situs Anda memiliki sitemaps.xml dll.

Tools-tools SEO Audit yang popular adalah seperti berikut

Setelah Anda melakukan Audit situs Anda dan menemukan berbagai macam masalah di SEO Anda. Lakukan perbaikan yang dianjurkan oleh SEO Audit.

Refresh Content Lama

2. Audit content-content lama. Tujuan Audit content lama adalah supaya menjadi fresh. Dengan memasang internal link dari content lama ke content relevant dapat membuat content lama Anda menjadi fresh. Disamping itu dengan update content lama Anda dengan memasang internal link, dapat membantu meningkatkan traffic ke content-content yang lain.

Contoh misalkan content lama berjudul “Cara bangun rumah”, didalam content itu ada informasi sekilas perihal cat warna tembok. Lalu Anda memiliki content yang menjelaskan secara detil perihal cat warna tembok, maka sangat bijak bilamana Anda memasang link content cat warna tembok Anda di “Cara Bangun Rumah”. Dengan begitu content cat warna tembok Anda akan menjadi rame pengunjung.

Gunakan Google Analytic tools untuk mengetahui laman-laman mana yang rame pengunjungnya. Anda dapat melakukan update / pembaruan di content tersebut. Laman yang layak di update adalah laman-laman yang rame. Anda bisa manfaatkan laman tersebut untuk meningkatkan traffic ke laman-laman baru atau laman-laman yang tidak dapat banyak pengunjungnya.

Selain memasang internal link, Anda dapat mengupdate content lama dengan informasi-informasi baru dan relevant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *