Kamus SEO – Istilah-Istilah SEO yang Up to Date

Berikut adalah kamus SEO yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk mengetahui jargon-jargon yang banyak digunakan oleh para pakar SEO. Kamus ini akan selalu di update tiap harinya. Semoga kamus SEO ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar seputar SEO dan Digital Marketing. Sukses selalu.

A/B Test

Sebua komparasi versi testing sebuah website dimana test tersebut memiliki objektif untuk mengetahui desain mana yang cocok dan berpotensi memiliki performa yang baik.

Absolute URL

Alamat lengkap situs yang menyertakan protocol, full nama domain, dan direktori dokumen

Contoh Absolute URL : https://www.gaudiva.com/assets/images/logoHeader.png

Protocol = https://
Nama full domain = www.gaudiva.com
Direktori = /assets/images/logoHeader.png

Nama full domain = www.gaudiva.com
Direktori = /assets/images/logoHeader.png

aHref

Sebuah element HTML yang mengarahkan alamat tujuan link.

contoh

<ahref=”https://gaudiva.com”>

Authority Site

Situs yang dipercaya oleh pengguna, pakar industri dan industrinya karena memiliki konten-konten berkualitas dan dikenal banyak. Situs-situs ini mempublikasikan informasi yang dapat dipercaya dan tautan ke situs-situs yang dapat dipercaya, mendapatkan reputasi situs web yang berkualitas tinggi dan berpengetahuan luas. Sebenarnya laman-laman yang muncul secara organic di top page SERP kebanyakannya adalah Authority Site karena yang yang terataslah yang memiliki konten yang relevant dengan seach keywordnya dan biasanya konten yang berkualitas.

Algorithm Update

Perubahan pada search algoritma Google atau sistem SERP (Search Engine Ranking Page). Ini termasuk aturan baru atau penyesuaian aturan yang sudah ada. Sering ada pembaruan kecil yang tidak diperhatikan, ada beberapa update besar dalam setahun yang dapat berdampak besar pada SERP website Anda.
Update besar dalam beberapa tahun terakhir termasuk Panda, Penguin, Pirate, Hummingbird, Pigeon, Mobile Friendly, RankBrain, Possum, dan Fred.

Algorithm Penalty

Proses mengurangi SERP Anda. Mengurangi peringkat pencarian kata kunci Anda. Solusi untuk menghilangkannya adalah dengan mencoba menemukan akar masalahnya atau SEO Auditing. Perbaiki hal-hal yang tidak mengikuti peraturan atau pedoman Google.

Alt-tag (Alternative Tag)

Alt tag dimasukkan dalam tag gambar HTML dan digunakan untuk menentukan teks alternatif pada suatu gambar. Praktik ini membantu Search Engine memahami arti atau maksud dari gambar ini dan meningkatkan relevansi konten. Dengan menggunakan keywords di Alt-tag, Gambar Anda juga akan ter-optimisasi untuk Google image search service.

Anchor Text (Link)

Anchor text adalah link teks yang terlihat dan dapat diklik. Untuk SEO yang baik, sebaiknya menggunakan bahasa alami dan jauhkan exact match, spammy dan keyword rich text.

Contoh keyword rich, exact match.
Misalkan keyword yang Anda sasar adalah “mobil mewah”. Dalam contoh ini Keyword Rich link adalah link yang punya keyword “jual mobil mewah“. Sebainya penulisannya seperti berikut “Jual mobil mewah, klik sini untuk informasi lebih lanjut”

Backink (Inbound link, Incoming link, Citation, External link)

Backlink dibuat ketika beberapa situs web lain mengarah ke situs atau mengutip situs Anda menggunakan link didalam contentnya.

Dalam bisnis ini serupa seperti jualan titip. Bila anda menitip jualan Anda ke toko-toko lain (baikya toko yang ber-reputasi baik) maka dapat berdampak positif pada penjualan produk yang Anda titip.

Dalam penulisan Buku, bila ada penulis besar/terkenal mengutip riset Anda, itu artinya Riset Anda memiliki bobot dan relevan. Semakin banyak orang mengutip Anda, semakin bermanfaat isi pesan, riset, pendapat Anda.

Jumlah backlink adalah salah satu faktor terpenting di SEO untuk menentukan Situs SERP Anda.

Bait and Switch

Strategi membangun backlink yang mengoptimalan situs web dengan cara yang menarik backlink, traffic, dan social shares, dan kemudian mengubah seluruh tujuan situs web setelah memperoleh otoritas yang memadai.

Strategi ini sementara membantu menghasilkan traffic untuk situs Anda, itu tidak akan bertahan selamanya. SERP situs web Anda pada akhirnya akan berkurang kare perusahaan-perusahaan Search Engine memiliki algoritma untuk mendeteksi strategi Bait and Switch.

Banner

Iklan grafis persegi panjang atau kotak. Iklan Banner adalah salah satu bentuk yang paling umum dari iklan online. Ukurannya bervariasi, umumnya berukuran 468 x60 pixel. Biasanya juga iklan banner merupakan bentuk link (ahref) berbentuk gambar yang membawa Anda ke situs pemilik iklan tersebut.

Banner Blindness

Ini sering digunakan di pengembangan UX (User Experience) untuk menjelaskan tingkah laku pengunjung di laman situs Anda. Tingkah laku Banner Blindness terjadi ketika desain situs Anda dipenuhi oleh banner-banner iklan yang menyebabkan pengunjung skip gambar-gambar yang relevan (bukan iklan) ke isi konten paragraf.

Black Hat SEO

Aktivitas SEO yang berusaha meningkatkan SERP (SEO) menggunakan taktik yang tidak sesuai pedoman Search Engine. Taktik-taktik yang digunakan bermaksud untuk memanipulasi search engine dan tidak menghiraukan user experience para pengunjung atau pembaca. Taktik yang digunakan gabungan antara keyword stuffing, cloaking, paid links, doorway pages, over-optimization, hidden text, bait & switch dll.

Blog Commenting

Memberikan komentar dan link ke laman komentar blog-blog. Ini ada metode yang mudah untuk membangun backlink.

Bounce Rate

Metrik yang menunjukkan berapa banyak pengunjung yang datang ke situs web Anda dan kemudian segera pergi tanpa melakukan tindakan apa pun atau menelusuri halaman lainnya. Aturan praktisnya adalah semakin rendah rasio pentalan, semakin baik. Memiliki Bounce Rate yang tinggi (lebih dari 70%) kondisi yang prihatin dan dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti lambatnya mendisplay konten, konten berkualitas rendah, landing page yang tidak responsif, menggunakan terlalu banyak iklan, pengunjung Anda tidak menemukan keyword relevant yang mereka gunakan dll.

Bot Spider (Crawler, Spider, Google Bot)

Algoritma yang digunakan untuk menelusuri laman-laman situs anda untuk mengindeks dan memberikan peringkat pada situs Anda.

Branded Keywords

Keyword yang mengandung brand Anda.

Branded Link

URL singkat yang dibangun di sekitar nama merek atau istilah terkait yang membantu mengaitkan perusahaan dengan link, konten, dan informasi yang Anda bagikan secara online.

Brand Mention Link Building

Ini adalah taktik membangun backlink yang mencakup Anda mencari halaman web yang menyebutkan merek, layanan, produk atau nama pribadi Anda, tanpa memasang backlink ke situs Anda. Anda kemudian menjangkau situs web ini (atau mereka yang relevan dan memiliki otoritas domain yang layak untuk menjadi tepat) dan meminta mereka menambahkan backlink. Ini adalah taktik yang memiliki pengembalian investasi tinggi karena peluang situs web yang Anda hubungi memberi Anda backlink sangat tinggi.

Google Alerts adalah alat yang membantu Anda melacak sautan yang mention brand, jasa atau produk Anda.

Breadcrumb Navigation

Navigasi sekondari yang digunakan untuk membantu pengunjung mengetahui lokasi mereka di situs Anda. Biasanya dipajang di bagian atas halaman sesudah Header navigation.

Contoh
Beranda > Elektronik > Dapur > Kulkas

Di contoh diatas, pengunjung Anda akan mengetahui bahwa mereka berada di laman Kulas.

Broad Match Keyword

Opsi kata kunci yang memungkinkan iklan Anda ditampilkan ketika seseorang mencari keyword itu, variasi kata keyword, serta topik terkait lainnya. Ini membantu Anda menjangkau pemirsa terluas. Searh Engine akan menggunakan algoritma untuk mencocokkan keyword Anda dengan frase-frase lain yang relevan dengan kata kunci Anda dan Bisnis Anda.

Contoh bila keywordnya adalah “game PS4” karena Anda adalah penjual CD game PS4.
Maka iklan Anda akan muncul kepada Users Google yang mencari game PC, konsol PS4, jual PS4 murah, PS4 diskon dll. Jadi iklan Anda akan muncul walapun keywordnya User tidak sama persis dan memilki variasi-variasi yang relevant dengan keyword Anda.

Info lebih lanjut klik sini

Broken Link

URL atau Link yang tidak berfungsi. Ini bisa dikarenakan salah tulis atau lamannya di hapus dari server. Dapat berdampak negative ke SEO dan mengurangi SERP situs Anda.

Buyer Journey

Tahapan perubahaan dari calon pembeli menjadi pembeli. Ada 3 tahapan Buyer Journey yaitu Awareness Stage (Kesadaran): Calon pembeli mendeteksi adanya kebutuhan atau masalah. .Consideration Stage (Pertimbangan): Calon pembeli mempertimbangkan solusi yang ditawarkannya. Decision Stage: Calon pembeli membeli / memilih solusi yang sesuai dengannya kebutuhannya.

Buyers_Journey_with_Explanatory_Text-1
sumber: https://blog.hubspot.com/hs-fs/hubfs/Buyers_Journey_with_Explanatory_Text-1.png?width=2008&name=Buyers_Journey_with_Explanatory_Text-1.png

Call to Action (CTA)

Tombol yang mengajak pengunjung untuk klik Beli, Signup, Telfon, Kontak atau Subscribe. Biasanya tombol ini muncul setelah ajakan melalui sebuah video atau text yang menarik perhatian pengunjung untuk klik tombol tersebut. Dengan orang klik CTA maka bounce rate akan menurun dan Dwell Time akan meningkat pula

Klik sini untuk contoh-contoh CTA

Canonical URL

Bila Google menemukan konten duplikat karena memiliki 2 URL yang berbeda contoh https://gaudiva.com dan https://www.gaudiva.com maka Google akan mencari Canonical URL yang menentukan URL mana yang harus di crawl. Bila tidak ada Canonical URL maka Google akan memutuskannya sendiri dan ini berdampak negatif pada SEO situs Anda.

Klik sini untuk informasi lebih lanjut

Cascading Style Sheets (CSS)

CSS adalah bahasa yang mendefinisikan tampilan dokumen HTML. Setiap situs web memiliki satu atau lebih file CSS di mana setiap elemen menentukan ukuran, warna, tata letak dll. Di sinilah kita dapat mengatur interaktivitas, animasi, daya tanggap, jenis font dll.

Klik sini untuk belajar CSS lebih lanjut

Click Through Rate (CTR)

Persentase pengguna website yang klik tayangan iklan Anda.

Contoh iklan Anda muncul selama 1000 kali atau 1000 impression. Setiap 1000 impressi terjadi 20 klik. Itu artinya 2% Click Through Rate.

Formulanya
CTR = (Impressi / Click) X 100

Clickbait

Link yang bertujuan untuk menarik perhatian Anda. Biasanya menggunakan title yang heboh atau gambar yang menarik sehingga membuat orang untuk penasaran dan klik link, gambar atau putar video tersebut. Menggunakan clickbait dapat meningkatkan traffic ke website Anda tetapi gunakan dengan bijak dan jangan keseringan supaya pengunjung tidak jenuh.

Competitor Analysis

Suatu aktivitas yang mempelajari / evaluasi keyword yang digunakan oleh kompetitor-kompetitor Anda. Mempelajari keyword-keyword dan laman-laman yang ramai trafficnya akan sangat membantu Anda mendapatkan kesempatan mengambil traffic tersebut dan membantu Anda untuk memprioritaskan keyword yang wajib diperhatikan.

Manfaat Competitor Analysis:

  • Mencari tau keyword yang dapat digunakan untuk laman Anda dan yang digunakan oleh kompetitor
  • Mendapatkan backlink-backlink yang cocok untuk laman Anda
  • Mendapatkan ide untuk pembuatan konten Anda
  • Mendapatkan ide untuk optimisasi meta-tag title dan deskripsi laman Anda

Dengan competitor analysis Anda akan menjadi lebih kompetetif dalam SERP.

Content

Informasi-informasi terpadu dalam bentuk format text, video, audio, gambar. SEO sangat mengutamakan kualitas dan kuantitas content. Semakin banyak content yang berkualitas maka peluang Anda berada SERP teratas semakin baik.

Content Management System (CMS)

Sebua system backend yang digunakan untuk edit, delete, bikin content baru ke website Anda. CMS yang terkenal dan banyak digunakan adalah WordPress. CMS cocok bagi pemilik situs yang tidak memahami cara web programming dan ingin langsung terjun berbisnis secara Online atau blogging. Tetapi Anda juga diwajibkan paham cara menggunakan webserver atau VPS berbasis Linux untuk setup/install CMS nya. Anda bisa kontak kami untuk installasi CMS WordPress.

Content Marketing

Sebuah content yang didesain semenarik mungkin dengan informasi yang berkualitas, gambar, paduan warna dan video yang menarik dan tentunya bertujuan untuk menjual atau meningkatkan brand awareness

Content Spinning (Article Spinning)

Membuat beberapa variasi content berkualitas yang memiliki unsur/topik yang sama dalam bentuk format video, audio dan text. Biasanya para editor / content creator rephrase atau ubah beberapa paragraf supaya tidak terlihat content duplicate dan dikenakan sanksi oleh Search Engine.

Content Syndication (Article Syndication Syndicated Content)

Mem-publikasikan artikel-artikel dari sumbernya ke publisher lain demi mendapatkan viewer, backlink dan meningkatkan traffic. Perlu diketahui bahwa metode ini akan gagal dikarenakan Search Engine akan memberikan sanksi content duplicate.

Conversion

Conversion adalah Istilah yang digunakan untuk setiap tindakan yang signifikan pengguna mengambil saat mengunjungi sebuah situs, yaitu melakukan pembelian, meminta informasi, atau mendaftar untuk account.

Conversion Rate

Persentase perubahan pengunjung menjadi member.

Contoh 1:
1000 pengunjung, terjadinya 20 pengunjung convert menjadi pembeli atau member. Itu artinya 2% conversion rate.

Conversion Rate Optimization (CRO)

Upaya-upaya menggunakan taktik-taktik terpilih yang bertujuan untuk meningkatkan Conversion Rate.


Upaya-upaya menggunakan taktik-taktik terpilih yang bertujuan untuk meningkatkan Conversion Rate.

Copied Content

Content yang dikopi full atau sebagian dan Anda publish.

Cornerstone Content

Konten iduk dimana banyak konten-konten kecil mengarah ke corner stone. Biasanya cornerstone content adalah konten terpenting di situs Anda dan berpusat atau dikelilingi oleh konten-konten yang berhubungan.

contoh:
Anda memiliki konten yang membahas detil perihal membangun rumah.
Lalu Anda memiliki lebih dari 2 macam konten yang membahas sub-subjek yang saling berhubungan dengan konten membangun rumah seperti contoh tips memilih genteng, warna tembok cat, cara membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) dll.

Jadi dengan adanya Cornerstone Content, Anda dapat menghasilkan berbagai macam subjek yang saling mendukung dan berhubungan dengan satu yang lain. Hasilnya Anda memiliki konten terpadu dan membuat pengunjung betah untuk membaca konten-konten Anda.


Cost per Acquisition (CPA, Cost per Action, Pay per Action, Pay per Acquisition)

Fee yang wajib dibayarkan untuk setiap action (tindakan) atau acquisition (Akuisisi). Tindakan-tindakan yang dapat di cas seperti download, regisrasi atau conversion. Iklan ini sangat efektik untuk meningkatkan ROI (Return On Investment).


Cost per Acquisition (CPA, Cost per Action, Pay per Action, Pay per Acquisition)
Fee yang wajib dibayarkan untuk setiap action (tindakan) atau acquisition (Akuisisi). Tindakan-tindakan yang dapat di cas seperti download, regisrasi atau conversion. Iklan ini sangat efektik untuk meningkatkan ROI (Return On Investment).

Cost per Click (CPC, Pay per Click, PPC)

Fee yang wajib dibayarkan untuk setiap iklan Anda di klik.

Menurut investopedia.com CPC atau PPC cocok untuk website-website yang memiliki budget iklan harian dan ingin meningkatkan traffic.

Cost per Thousand Impression (CPM, Cost per Mile)

Biaya iklan Anda muncul di layar pengguna Internet per seribu tayang (impression).


Cost per Thousand Impression (CPM, Cost per Mile)
Biaya iklan Anda muncul di layar pengguna Internet per seribu tayang (impression).

Crawling (Crawl)

Proses Search Engine menelusuri laman-laman situs Anda.

Crawlability

Pentingnya untuk memiliki website yang mudah di crawl oleh robot search engine. Pentingnya untuk menyediakan sitemap.xml meningkatkan crawlability atau memudahkan search engine crawling situs Anda.

Crawler

Robot Search Engine yang crawling situs Anda supaya menganalisa dan melakukan indexing.

Cross-Linking

Penyambungan menggunakan link ke domain yang dimiliki oleh perusahaan atau orang yang sama. Seharusnya tidak menjadi masalah jika kedua situs memiliki topik yang sama dan tidak kebanyakan link terpasang. Teks jangkar pencocokan tepat dan penautan di seluruh situs harus dihindari untuk mengurangi risiko penalti.

Curated Content

Mencari dan filter konten-konten yang relevant dengan klien Anda dan subjek yang akan Anda buat. Gabungkan semua konten-konten tersebut yang menjadikan presentasi konten yang baru. Bedanya dengan content marketing bahwa Anda tidak perlu menciptakan konten, Anda hanya mencari, memilah dan menggabungkan.

Content Engagement

Sebuah tindakan / reaksi yang dilakukan oleh pengunjung dikarenakan isi konten Anda. Semakin tinggi content engagement maka semakin tinggi kemungkinannya content Anda berada di SERP teratas dan tentunya menambah traffic ke situs Anda. Biasanya engagement bisa dalam bentuk social share button, column komentar.

Data

Informasi yang digunakan dan dikumpulkan untuk menjadi informasi yang bermanfaat untuk mengambil keputusan.

Contohnya
Dataspeed adalah tools yang digunakan untuk menganalisa kecepatan situs Anda. Hasil data testnya dapat Anda gunakan untuk mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki performa situs Anda.

Dead-end Page

Laman yang tidak memiliki link atau navigasi. Ini dapat berdampak negatif ke SEO crawlability situs Anda. Solusinya adalah dengan memasang navigation bar atau breadcrumb navigation.

De-Indexing

Kejadian saat sebuah ada sekian banyak situs laman Anda tidak muncul di SERP. Ini bisa sengaja atau tidak sengaja. Anda bisa memasang HTML Robot meta tag “noindex” supaya search engine crawler tidak indexing laman webpage Anda. Misalkan laman thank you for contacting us atau login pada umumnya tidak perlu di masukan dalam index SERP dikarenakan tidak relevant dengan subjek situs Anda.

Deep Linking

Link yang berada di konten Anda yang menyambung ke konten Anda yang berada di situs Anda.

Direct Traffic

Pengunjung yang datang langsung menggunakan URL Anda langsung, datang bukan melalui iklan atau backlink.

Disavow Links

Backlink yang tidak relevant dengan situs Anda. Backlink yang berasal dari situs yang memiliki reputasi, kualitas buruk dan tidak terpercaya dapat berdampak negatif ke SEO situs Anda.

Dofollow Link

Link yang memperbolehkan crawler search engine untuk menelusuri link tersebut. Secara default link-link Anda adalah Dofollow link.

Domain

Alamat situs Anda yang nambil di URL dalam bentuk nama atau IP address.

Domain Name

Alamat situs Anda dalam bentuk nama.

Domain Authority

Metric yang mengukur kekuatan influensinya domain. Metric ini digunakan juga oleh search engine untuk memposisikan SERP situs-situs. Domain Authority didasarkan pada tiga faktor: Umur, popularitas, dan Ukuran. Nilai domain authority mulai dari 0 sampai 100. Hampir semua tool SEO memberikan metric Domain Score akan tetapi tidak semua tools memberikan nama yang sama. Neilpatel.com menamainya Domain Score sedangkan Moz menamainya Domain Authority.

Contoh: wikipedia.com memiliki domain authority 88 menurut Neilpatel.

hasil domain authority menurut neilpatel.com
hasil domain authority menurut neilpatel.com

Duplicate Content

Content yang diduplikasikan secara mentah-mentah yang berada di domain yang sama atau yang berbeda. Hal ini dapat mengurangi performa SEO Anda karena Google penalty konten-konten duplikat. Bila terjadi duplikat konten di domain Anda maka Anda hanya perlu menambahkan meta tag cannocial seperti berikut .

<link rel= rel=canonical ” href=”blog.gaudiva.com/kamus-seo”>

Dwell Time

Sebuat metric yang mengukur seberapa lamakah pengunjung mengunjungi laman situs Anda.

Dynamic URL(Dynamic Link)

URL yang mengarah ke laman situs dinamis (tidak statik). Biasanya laman ini mendisplay informasi-informasi berasal dari database. Seperti contoh laman profile page adalah laman dinamis. Dynamic URL biasanya mengandung karakter-karakter berikut untuk melakukan query : ?, &, %, +, =, $, cgi-bin, .cgi.

E-A-T (Expertise – Authority – Trust)

Ini adalah salah satu update yang berasal dari “Google Medic Update” dimana Google menganalisa konten situs Anda berdasarkan Expertise (keahlian Anda dalam subjeknya), Authority (Otoritas Anda dalam subjeknya) dan Trust (Tingkat kepercayaan orang lain kepada Anda).

Konten yang berkualitas dapat menandakan Anda sebagai Expert dalam subjek Anda. Bilaman Anda aktif dalam membuat konten di laman atau diluar domain Anda maka Anda dapat disebut sebagai Expert. Cara menjadi expert adalah dengan melakukan guest posting di situs-situs ternama. Google akan mengetahui tingkat expertise Anda dikarenakan aktivitas-aktivitas Anda di situs-situs lain. Untuk meningkatkan Authority maka diperlukannya Backlink dari website-website ternama yang mengutip konten Anda. Konten yang berkualitas juga meningkatkan Trust. Misalkan Konten yang berkualitas juga merujuk pengunjung untuk membaca referensi-referensi ke situs yang berkualitas. Memberikan outbound link atau mengutip situs-situs yang relevant dengan topik Anda juga mendongkrak EAT.

Ibaratnya sebuah research paper bilamana research paper tersebut mengutip dan memberikan referensi ke research-research lain yang berkualitas dan relevan maka Anda telah melakukan research Anda dengan baik, teliti dan serius.

Editorial Link (Organic Link)

Sebuah backlink yang berasal dari Editor ternama. Ini sangat berdampak positif kepada SERP Anda. Semakin banyak Editor mengutip konten situs Anda artinya bahwa Anda ahli dalam bidang Anda.

Ego-Bait

Salah satu taktik untuk membangun backlink dengan cara memasang link ke profile atau perusahaan yang menguasai bidangnya. Lalu Anda mengontak mereka untuk barter backlink.

Email Outreach (Link outreach, Blogger outreach)

Salah satu taktik untuk membangun backlink dengan cara kontak influencer, blogger, ahli industri dll yang tentunya aktif posting di situs-situs yang memiliki domain authority yang tinggi. Berikut hal-hal yang biasanya diminta saat melakukan email outreach.

  • Barter backlink
  • Bantu kutip/promosikan konten Anda
  • Guess posting.

Entry Page (Doorway page, Gateway Page, Jump Page, Bridge Page, Portal Page)

Entry pages adalah laman-laman yang memiliki kualitas buruk dan di optimisasikan SEO nya dengan keyword-keyword supaya mendapatkan SERP teratas dan menjadikan loncatan batu ke situs Anda. Laman entry page tidak memiliki konten yang bermanfaat bagi pengunjung selain bertujuan untuk meningkatkan SEO. Ini adalah cara melakukan backlink yang tidak direkomendasikan oleh pakar SEO karena Google akan penalti tindakan ini.

Exact-Match Link (Exact Match Anchor)

Sebuah link yang memiliki text sama persis dengan judul konten tersebut.

Contoh

https://blog.gaudiva.com/kamus-seo

Expert Document

Konten yang memiliki backlink-backlink ke situs-situs research yang penuhi oleh para ahli. Tidak ada link-link yang berseifat komersil (menjual atau afiliasi) di expert document. Informasi konten ini biasanya berisi panduan-panduan (how to guide) berbentuk PDF, ebook atau laman situs.

Featured Snippet (Rich answer, Direct Answer)

Saat ada search query yang berdasarkan sebuah pertanyaan lalu muncul laman situs Anda di posisi SERP teratas maka Google akan Featured Snippet laman Anda sebagai jawaban langsung oleh Google.

Contoh Featured Snippet. Seperti contoh dibawah, saya melakukan pertanyaan via Google “Cara cari uang”. Google memberikan ulasan sekilas dari sebuah situs yang memiliki konten relevant dengan pertanyaan Anda dengan Featured Snippet.

Contoh featured snippet saat mengetik “Cara cari uang” di Google.

Freshness

Salah satu faktor yang berkontribusi ke SERP Google. Faktor ini muncul pertama kali di Google caffeine update. Bila Anda melakukan editing ke laman Anda maka laman tersebut akan dianggap sebagai konten yang fresh. Konten-konten yang berhubungan dengan hot-topic, trending topic bahkan setiap konten-konten Anda perlu di update secara rutin supaya di anggap Fresh dan relevan. Dengan begitu traffic ke laman-laman situs Anda akan meningkat.

Info lebih lanjut cek sini dan sini

Geotargeting

Metode targeting pengguna berdasarkan lokasi geografi. Biasanya dilakukan untuk memasang ads (iklan). Setiap lokasi memiliki iklan yang berbeda sesuai dengan kriteria-kriteria lokasinya yang sudah di studi (research).

Google Ads

Jasa pemasangan iklan dari Google.

Google Alerts

Alat untuk memberitahukan (notifikasikan) anda untuk mengikuti keyword-keyword atau phrase-phrase yang naik peringkat indexnya. Keyword yang bisa Anda tracking seperti nama Anda, nama perusahaan, keyword yang digunakan kompetitor dll.

Google Analytics

Aplikasi gratis dari Google yang dapat digunakan untuk menganalisa performa SEO situs Anda. Anda dapat mengetahui statistik jumlah pengunjung, bounce rate, mobile/tablet/desktop users, asal negara pengunjung, user retention dll. Anda dapat memanfaatkan tools ini untuk mengevaluasi performa SEO situs Anda.

Google Autocomplete (Keyword Suggestions)
Fitur search yang memberikan pengguna sugesti keyword-keyword yang banyak digunakan oleh pengguna Google.

Keyword suggestion membantu pengguna dengan memberikan sugesti keyword yang banyak dicari

Google Bomb

Sebuah teknik blackhat yang mengasosiasikan keyword-keyword yang tidak relevant atau buruk ke sebuah perusahaan atau nama orang.

Google Bowling

Sama seperti Google Bomb tetapi bedanya teknik Google Bowling memasang backlink-backlink ke situs Anda dari situs-situs yang tidak relevant dengan industri Anda. Misalkan ada orang jahat memasang link ke situs Anda dari situs-situs underground yang berbau pornografi, narkoba dll.

Google Caffeine

Sebuah upgrade algorithma indexing Google. Update yang berhubungan dengan SEO adalah faktor Freshness kontent tersebut. Laman yang fresh dan relevan memiliki kemungkinan yang baik untuk dipajang oleh Google di SERP teratas.

Google Fred

Sebuah upgrade besar ke algoritma search Engine Google dan sistem google page ranking. Dirilis pada bulan Maret 2017. ini menghilangkan peringkat Entry Page (Doorway page, Gateway Page, Jump Page, Bridge Page, Portal Page) dan situs yang dibuat bertujuan hanya untuk mengisinya dengan iklan, link afiliasi dan backlink.

Google Hummingbird

Sebuah upgrade besar ke algoritma search Engine Google dan sistem google page ranking. Dirilis pada bulan Maret 2013. Meningkatkan metode pencarian google search berdasarkan tujuannya pengguna dan bukan hanya fokus kepada exact match keywords.

Google Keyword Planner

Sebuah tool gratis yang bisa diakses melalui Google Ads. Dua hal yang dapat banyak SEO expert gunakan.

  1. Mendapatkan masukan-masukan atau ide-ide keyword atau atau URL keyword phrase yang berhubungan dengan bisnis Anda.
  2. Anda dapat mencari tau seberapa banyak (volume) impressi keyword-keyword yang anda gunakan di situs Anda. Lalu Keyword Planner dapat memberikan prediksi sebarap jumlah klik iklan yang bisa didapatkan bila menggunakan keyword-keyword pilihan Anda.
Laman google keyword planner.

Google Map

Sebuah layanan gratis yang membantu penggunakan untuk navigasi peta diarea sekitarnya dan seluruh dunia. Google Map menunjukan nama jalan, jalan, navigasi jalan, gambar satelit dll. Google Map biasa dimanfaatkan untuk listing alamat kantor, alamat website, kontak person, info-info relevan dengan bisnis Anda.

Google Mobile-Friendly Test

Alat tool yang dapat memberikan informasi kepada Anda seberapa Mobile-Friendly situs Anda. Alat ini dapat digunakan secara gratis. Anda wajib mengoptimalisasikan situs Anda supaya Mobile-Friendly dikarenakan jumlah pengguna mobile sudah melewati jumlah pengguna PC dan terus meningkat. Situs yang Mobile-Friendly sekarang mulai diutamakan di algoritma search Engine. Hasil test Google Mobile-Friendly test akan memberikan Anda saran-saran untuk memperbaiki isu-isu mobile-friendly situs Anda dan memberikan penilaian.

Google Mobile-Friendly Update

Update algoritma search engine Google yang major. Di rilis April 2015. Update ini mengurangi rank situs-situs yang tidak mobile-friendly.

Google My Business

Sebuah layanan gratis yang membantu Anda untuk memasang informasi-informasi (review, alamat kantor, alamat email, nomer kontak, gambar, foto) perihal bisnis Anda yang muncul di SERP, local search dan Google Map.

Contoh listing bisnis-bisnis yang relevan dengan keyword “restoran nasi padang”

Google Page Speed Insight

Sebuah pelayanan gratis dari Google yang bertujuan untuk menganalisa dan menilai kecepatan rendering situs Anda. Google Page Speed Insight juga memberikan masukan-masukan bilamana pengguna telah melakukan speed test situs nya.

Google Panda Update

Major update kepada sistem search engine Google dan SERP dimana Google akan downgrade ranking laman-laman yang memiliki konten tidak bermutu, duplicate, plagiat dan thin content. Google Update Panda di release Februari 2011.

Google Penalty

Sebuah tindakan penalty yang dilakukan oleh Google secara manual kepada situs-situs yang tidak mengitkuti pedoman-pedoman Google.

Google Penguin Update

Major update kepada sistem search engine Google dan SERP yang di release April 2012. Update ini menurunkan SERP situs yang memiliki link-link anchor text yang over optimized (keyword stuffing, spamming) demi mengejar peringkat SERP.

Info lanjut klik sini

Google Pigeon Update


Major update kepada sistem search engine Google dan SERP yang di release tahun 2014. Update ini menghubungkan hasil Google web search dan Google Map dan mulai menggunakan lokasi sebagai faktor katakunci dalam peringkat.

Google Pirate Update


Major update kepada sistem search engine Google dan SERP yang di release pada Oktober 2014. Update ini mendeteksi kontek-konten yang tidak original dan menurunkan peringkat SERP nya.

Google Possum Update

Major update kepada sistem search engine Google dan SERP yang di release pada September 2016. Update ini membantu Pengguna search engine Google untuk mendapatkan informasi-informasi relevant sesuai lokasinya Pengguna.

Google RankBrain Update

Major update kepada sistem search engine Google dan SERP yang di release pada October 2015. Ini adalah iterasi dari update Hummingbird dimana iterasi ini menggunakan machine learning untuk mempelajari maksud dari search query yang diketik oleh pengguna.

Google Search Console

Sebuah fasilitas gratis dari Google yang digunakan untuk tracking performa situs, mendeteksi error pada link-link di situs Anda. Intinya fasilitas ini dapat membantu Anda untuk mencari tau apakah situs Anda sudah ter-indeks oleh Google atau tidak? Bila tidak, Anda dapat mencari tau kenapa dengan menggunakan Google Search Console. Bila isu sudah teratasi, maka Anda bisa minta Google untuk re-index (index ulang) situs Anda.

Google search console, laman performance.
https://search.google.com

Google Trends

Sebuah layanan gratis dari Google yang digunakan untuk mengetahui keyword-keywprd dan frase keyword yang populer. Ini dapat membantu Anda untuk menciptakan sebuah strategy dinamis dikarenakan trend pupularitas sebuah keyword kadang berubah sepanjang tahun. Misalkan Anda mungkin bisa menciptakan sebuah konten yang relevan dan lagi trending.

https://trends.google.com/trends

Google Webmaster Guidelines

Ini adalah sebuah panduan SEO dibuat oleh Google untuk webmaster. Panduan ini dapat membantu Anda untuk memahami cara kerja Search Engine, indexing dan isi situ Anda.
Info lebih lanjut bisa baca dari link ini.

Google Related Search

list sugesti keyword dari Google yang muncul di bawah SERP seperti contoh di gambar ini. Jumlah sugestinya ada 8

8 sugesti keyword dari Google related search

Grey Hat SEO

Tindakan SEO yang tidak etis tetapi tidak di penalti oleh search engine. Seperti contoh beli jasa like and share di sosial media. Jual link Anda untuk dipasang di situs orang demi memperbanyak backlink dan meningkatkan SERP.

Hit

Hit terjadi setiap ada pengguna klik file dari situs Anda.

Hreflang attribute

Sebua attribute yang berada didalam element href yang menunjukan halaman bahasa atau wilayahnya.

<link rel=”alternate” href=”https://gaudiva.com” hreflang=”id” />

Contoh diatas hreflang adalah “id” dimana id adalah Bahasa Indonesia.

HTML Heading Tags

HTML Heading Tag adalah tag yang digunakan untuk membuat sebuah header. Ada 6 jenis heading tags yaitu h1, h2, h3, h4, h5 dan h6. H1 adalah heading tag yang terbesar sedangkan yang terkecil adalah h6.

Heading tag sangat penting di SEO untuk memberikan penekanan judul sesuai dengan keyword yang di sasarkan kepada artikel tersebut. Dengan menggunakan Heading tag yang benar maka akan meningkatkan SERP situs Anda.

HTML Sitemap

Ada 2 bentuk format HTML Sitemap yaitu XML dan HTML. Sitemap XML adalah peta struktur link situs Anda yang digunakan oleh Search Engine crawler menelusuri link-link situs Anda. Sedangkan Sitemap HTML bermanfaat bagi pengunjung situs Anda untuk mengetahui pemetaan situs-situs Anda. Sitemap HTML tidak memiliki bobot penting bagi SEO dibandingkan sitemap XML.

HTML Source Code

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web dan aplikasi. HTML adalah format yang dapat dibaca oleh manusia dan web programmer dapat memodifikasi kode HTML sebelum kompiler mengolah kodenya menjadi apa yang Anda lihat di browser Anda.

Hub

Sebuah halaman yang penuh dengan informasi dan memiliki banyak link-link relevant ke topiknya.

Hyperlink

Sebuah link dalam bentuk text atau gambar yang bisa di klik (menggunakan mouse) dan di tap (di touchscreen menggunakan jari) yang akan membawa pengunjung ke halaman baru.

HTTP

HTTP(Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol yang digunakan web browser untuk menerima sebuah informasi dari web server. Untuk hasil SEO yang baik, dianjurkan menggunakan HTTPS dimana S artinya secure.

Image filename

Image Filename merupakan nama gambar file Anda. Memberikan nama kepada gambar-gambar Anda adalah kesempatan untuk menjelaskan arti gambar tersebut. Upaya ini akan meningkatkan performa SEO Anda. Ikutilah saran-saran berikut ini:

  •        Buat image filename yang bisa dibaca (jangan namakan seperti ini IMG_025.jpg)
  •        deskripsikan gambarnya dengan jelas dan sederhana
  •        bikin nama unik (jangan seperti ini rumah1.jpg, rumah2.jpg, rumah3.jpg tidak akan membantu SEO)
  •        Masukan keyword-keyword yang Anda sasarkan
  •        gunakan hyphens ( – ), bukan underscores ( _ )

Image Title

Image title adalah atribut yang dapat Anda tambahkan ke tag image dalam HTML. Jika gambar tidak dapat ditampilkan, judul akan menggantikannya. Saat ini, image title tidak memengaruhi peringkat Anda, tetapi meningkatkan aksesibilitas situs Anda.

Image SEO

Mengoptimisasikan gambar-gambar dengan informasi-informasi yang secara konten relevan dengan isi artikelnya.

This you do by:

  •        Memastikan ukuran gambar tidak menambah beban ke artikelnya.
  •        Memiliki nama yang jelas dan relevant
  •       Menambahkan alt-tags ke gambarnya dengan deskripsi relevant
  •        Menuatkan image sitemap

Image Sitemap

Sebuah sitemap yang digunakan untuk meningkatkan kemungkinan bahwa gambar-gambar Anda dapat ditemukan di Image Search Result.

Image Search Result

Sebuah result yang muncul saat mencari gambar di search engine.

contohnya:

https://images.google.com/?gws_rd=ssl

kamus SEO google image result
Google image result

Impressions

Sebuah metric yang menunjukan berapa kali iklan Anda muncul.

Index

Situs yang muncul di SERP adalah situs-situs yang sudah ter-index (masuk ke dalam database search engine). Anda dapat cek alamat situs Anda di Google Search Console untuk mengetahui bilamana situs Anda sudah di index oleh Search Engine atau belum.

Indexability

Sebuah perintah yang webmaster berikan kepada search engine untuk mengindex atau tidak mengindex halaman-halaman situs Anda. Perintah noindex  diberikan bilamana Anda tidak mau halaman tertentu muncul di SERP. Anda dapat masukan perintah ini di dalam robots.txt yang harus Anda upload ke root folder webserver Anda.

Indexing

Sebuah proses dimana search engine crawling situs Anda dan memasukan informasi halaman-halaman situs Anda ke databasenya search engine.

Anda dapat mempercepat proses indexing dengan

  • upload sitemap.xml
  • Mendapatkan backlink dari situs-situs terpercaya (Domain Authority) dikarenakan halaman situs mereka sering di crawl dan indexing oleh search engine.
  • Pastikan halaman-halaman yang ingin Anda indexing tidak memiliki perintah noindex di robots.txt nya.

Infographics

Sebuah informasi bermanfaat yang di sajikan dalam bentuk gambar-gambar dan statistik. Di gunakan untuk menjelaskan i data-data kompleks dngan mudah menggunakan gambar. Jenis konten ini lebih sering di share dan ditanggapi oleh pengguna dari pada jenis artikel.

Internal Link

Sebuah link yang nyambung ke halaman di situs Anda.

Internal link dapat memantu Google search engine untuk mengetahui struktur situs Anda. Bilamana ada sebuah halaman (contoh “Cara bangun rumah” disitus Anda yang sering Anda referensikan di setiap halaman-halaman menggunakan internal link, itu menunjukan Google bahwa halaman “Cara bangun rumah” adalah halaman penting. Hal ini meningkatkan SEO Anda juga!

Internet Marketing

Aktivitas pemasaran yang menggunakan Internet untuk mengiklankan, berkomunikasi dan menjual barang dan jasa. Pada tingkat lanjutan, pemasaran internet dikenal sebagai Search Engine Optimization (SEO), yang merupakan penggunaan kata kunci bertarget, arsitektur situs crawler-ramah, Search Engine Submissions dan link jaringan yang dikembangkan dengan baik untuk meningkatkan posisi sebuah situs, Page Rank dan Klik-Melalui Rate.

Internet Promotion

Promosi melalui internet mengacu pada semua metode yang digunakan oleh perusahaan atau individu untuk mempromosikan sebuah situs web dan meningkatkan Posisi dan Page Rank.

Key Performance Index Indicator (KPI)

Sebuah ukuran yang Anda terapkan untuk mengukur performa bisnis Anda. Dalam SEO KPI yang digunakan adalah Retention Rate, Jumlah backlink, leads, converison organic traffic dan masih banyak lagi. KPI yang digunakan tergantung kebutuhan dan objektif bisnis Anda. Bilamana KPI sudah terpenuhi maka upaya-upaya SEO Anda sudah terbilang sukses.

click ini untuk SEO KPI

Keyword

Keyword adalah Kata kunci atau frase pengguna memasukkan ke dalam kotak search engine. Lalu Search Engine akan menunjukan SERP yang relevan dengan kata kunci yang dicari. Salah satu Strategi SEO yang paling penting perusahaan dapat mempekerjakan adalah untuk mengoptimalkan halaman situs mereka dengan konten yang berisi kata kunci yang disasarnya dan relevan dengan produk, jasa atau industrinya.

Keyword (Not Provided)

Status keyword di Google analytic yang digunakan oleh webmaster supaya keyword-keyword berharga yang mereka gunakan tidak bisa di contek oleh lawan-lawannya.

Keyword Canibalization

Menggunakan keyword yang sama diseluruh halaman-halaman situs Anda akan merusak SEO Anda dan SERP nya juga. Ini dikarenakan setiap halaman-halaman disitus Anda saling kompetisi atas keywordnya.

Keyword Density

Tingkat kepadatan keyword dalam sebuah artikel atau paragraph. Semakin padat keyword Anda maka semakin tinggi kemungkinan situs Anda berada di SERP ter-atas. Akan tetapi Anda perlu hati-hati untuk tidak melakukan keyword stuffing karena bila terlalu padat maka akan berdampak pula ke User Experience situs Anda dan SERP nya.

Keyword Categorization

Memasukan keyword Anda kedalam sebuah kategori. Mengkategorisasikan keyword dapat membantu menentukan keyword yang dicari pengguna pada berbagai tahap proses pembelian (buyer journey), sehingga Anda dapat menggunakannya pada halaman tertentu yang ditujukan untuk konversi.

Keyword competition (Keyword difficulty, Keyword SEO difficulty)

Keyword competition adalah metrik yang menunjukkan kesulitan keyword tersebut untuk mendapatkan peringkat keywordnya di SERP. Ini adalah tanda popularitas keyword. Semakin popular keyword tersebut maka semakin sulit untuk mendapatkan posisi SERP teratas.

Keyword Frequency

Hampir sama dengan Keyword Density. Keyword Frequency menghitung berapa jumlah keyword yang berada di halaman situs Anda.

Keyword Funnel

Keyword yang di kategorisasikan berdasarkan funneling. Anda bisa kategorisasikan keyword Anda beradasarkan buyer’s journey dan di optimisasikan ke landing page tertentu untuk meningkatkan conversion.

Keyword Prominance

Merujuk kepada sebarapa pentingkah atau kelihatan keyword yang Anda sasar. Bilamana keyword yang Anda sasarkan berada di bagian depan title tags (judul), header, meta description dan pembukaan paragrap, itu menandakan bahwa keyword itulah yang menurut Anda paling penting di konten halaman situsnya.

Keyword Proximity

The keyword proximity merujuk pada seberapa dekat keyword yang dicari oleh pengguna Search Engine muncul di konten situs Anda. Bila Search Term nya adalah “Jasa Bangun rumah murah di Bekasi” maka 3 keyword jasa bangun rumah, murah, bekasi harus berada berdekatan di paragraf konten Anda.

Keyword Rank

Posisi situs Anda di SERP saat menggunakan keyword di search engine.

Keyword Stuffing

Taktik blackhat SEO dimana keywordnya diulang terus menerus di halaman yang sama demi mengelabui search engine spider bahwa kontennya relevant untuk keywordnya. Keyword stuffing dapat menyebabkan konten Anda menjadi tidak alami dan mungkin tidak membawa makna berarti bagi pengunjung atau pembaca.

contohnya

sumber: https://learn.g2.com/keyword-stuffing

Keyword Stuffing Hidden

Sama seperti keyword stuffing tetapi pesan kontennya memiliki warna yang sama seperti warna background.

hidden text stuffing example
sumber: https://learn.g2.com/keyword-stuffing

Landing Page

Sebuah halaman yang di optimisasikan untuk promosi dan conversion. Biasanya untuk marketing campain (kampanye marketing).

Di SEO, setiap landing page memiliki keyword yang berbeda-beda tergantung dari buyer’s journey atau segmen buyer atau negerinya.

Latent semantic indexing keyword (LSI keyword)

Sebuah keyword atau frasa yang relevan dengan keyword utama dan mengandung keyword utama Anda.

Contoh

keyword utama: Bangun rumah

LSI nya seperti: Jasa bangun rumah, bangun rumah murah, bangun rumah minimalis, desain bangun rumah dll.

Lead Magnet

Sebuah konten yang mendorong pembaca untuk memberikan informasi personalnya dikarenakan Anda memberikan mereka sebuah ebook atau vocer dll. Jadi ada saling tukar menukar di Lead Magnet.

Linkbait

Konten yang berkualitas dimana para situs-situs ber-domain-authority tinggi ingin share konten situs Anda dan berpotensi menjadikannya sebuah konte viral. Tentunya hal ini akan mendongkrak traffic ke situs Anda.

Link Building

Sebuah proses yang bertujuan untuk membangun inbound traffic dengan memasang backlink di situs-situs lain. Semakin banyak backlink (khususnya backlink yang dipasang di situs Domain-Authority tertinggi) semakin dipercayakan situs Anda. Hal ini akan mendongkrak SERP Anda dan tentunya meningkatkan Organic traffic.

Link Burst

Link Burst adalah dimana Anda mendapatkan backlink yang sangat banyak (tidak alami) dalam waktu pendek. Search Engine dapat memberikan penalti kepada situs tersebut dikarenakan Anda telah melakukan jasa SEO yang menciptakan link spam. Sebaliknya sangat dianjurkan untuk memiliki link burst bilamana dalam waktu pendek situs-situs yang merefrensikannya (memasang backlink) memiliki domain authority atau konten situs Anda menjadi viral.

Link Diversity

Sebuah link building strategy dimana Anda mendapatkan atau memasang backlink disitus-situs yang memiliki domain berbeda (.com, .edu, .org). Intinya Anda memiliki backlink dari beragam-ragam situs.

Link Farm

Penyedia jasa backlink berbayar yang menggunakan alat otomasi untuk menciptakan backlink dari situs-situs lain. Hal ini dapat di berikan sanksi berat oleh Search Engine.

Link Juice (Backlink Authority)

Link yang meminfluensikan SERP Anda adalah Link Juice atau Backlink Authority. Link yang berasal dari situs yang memiliki Authority dan terpercaya, adalah kontribusi terbesar pada SERP Anda.

Link Hoarding

Sebuah taktik dimana pemilik situs mengurangi jumlah outbound link. Dalam arti lain tidak mau berbagi traffic ke situs-situs lain. Biasanya webmaster situs tersebut menggunakan javascript (bukan ahref element) untuk memasang sebuah outbound link. dikarenakan Search Engine Spider tidak crawling kode javascript. Akibat tindakan ini akan mengurangi situs-situs lain tidak mendapat nilai tambah pada SERP nya.

Contoh situs yang memiliki otoritas tinggi bilamana melakukan link hoarding, maka situs-situs yang direferensikan (backlink) tidak akan diapresiasikan oleh search engine spider.

Link Popularity

Semakin banyak situs itu memiliki backlink maka semakin popular situs tersebut.

Link Reclamation

Sebuah link yang hilang dikarenakan gantinya website design atau ganti URL menyebabkan 404 (not found) atau broken link / lost link. Lalu pemilik situs ingin reklamasikan link tersebut supaya pengunjung tidak kehilangan arah dan tentunya tidak berkurangnya pengunjung (traffic).

Link Spam (Blog Spam, Comment Spam)

Sebuah aktivitas yang memasang link di bagian komentar, forum, guestbook bertujuan untuk jualan dan meningkatkan traffic ke situs Anda.

Link Velocity

Kecepatan Anda mendapatkan backlink. Link velocity yang tidak natural biasanya mendapatkan backlink dengan sangat cepat. Ini berdampak negatif pada SEO Anda. Jadi sebaiknya lakukan hal ini secara alami. Ada pengecualian untuk konten yang viral dikarenakan di share di situs-situs yang relevant dan banyaknya engagement pada konten yang dishare tersebut.

Local Citation

Merefensikan bisnis lokal, kontak person bisnis local atau alamat kantor local, hal-hal ini dapat meningkatkan ranking local search engine. Tentunya memudahkan pengguna untuk mencari bisnis Anda.

Local SEO

Sebuah strategi SEO untuk optimasi yang menargetkan pasar tertentu ( pasar lokal )

Local Search

Hasil-hasil SERP yang berhubungan dengan lokasi geografis pengguna search engine.

Local Keyword Search

Mencari keyword-keyword yang ramai digunakan di geografis Anda (lokasi lokal)

Longtail Keyword

Sebuah keyword panjang dan spesifik. Biasanya memiliki lebih dari 3 kata.

contohnya

Jasa bangun rumah murah di daerah bekasi

ada 3 keyword yang digabungkan menjadi longtail keyword. Biasanya longtail keyword di targetkan oleh pelaku bisnis online yang ingin mencari produk atau jasa dengan detil spesifik. Seperti contoh di atas biasanya yang mencari dengan menggunakan keyword diatas adalah orang yang ingin membangun rumah, tinggai di bekasi dan cari harga yang murah.

Longtail keyword juga berdampak pada harga keyword tersebut dikarenakan kurang populer / low competition. Ditambah lagi kemungkinan higher conversion lebih tinggi bila menggunakan long tail keyword.

Dibawah adalah ilustrasi graf perihal long tail keyword. Semakin tinggi search volume maka semakin mahal biayanya dan pendek keywordnya. Sebaliknya semakin panjang keywordnya, semakin rendah search volume, kompetisi dan biaya.

Long tail keywords graph.
sumber dari https://www.wordtracker.com/academy/keyword-research/guides/long-tail-keywords

Lost Link

Sebuah backlink yang tidak memberikan traffic ke situs Anda dikarenakan Anda telah mengubah / menghapus URL situs / konten halaman tersebut.

Outbound Link

Sebuah link yang mengirim pengguna / traffic ke situs lain. Outbound Link membantu Search Engine untuk mengetahui bidang situs Anda. Bila situs Anda dibidang bangun rumah, maka alangkah bijaknya untuk memiliki outbound link ke situs-situs yang berhubungan dengan bidang Anda. Dengan begitu Search Engine tau bahwa situs Anda fokus dibidang konstruksi.

Search Term

Search term adalah keyword single atau kombinasi keywords.

Contoh “Jasa bangun rumah Bekasi” ada 2 keyword disitu yaitu “Jasa bangun rumah” dan “Bekasi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *